Rabu, 07 Desember 2011

ROKET

@ Sedikit Tentang Roket

 
Sejarah peroketan telah dimulai sejak berabad-abad lalu di cina. roket pada saat itu digunakan untuk perang. roket itu diberi bubuk mesiu agar dapat meledak. inilah awal dari berbagai roket pada zaman dahulu untuk kepentingan perang.
Roket moderen dimulai pada saat musim dingin di Massachusetts, pada tanggal 16 Maret 1926. Pada hari itu Robert H. Goddard membuat roket berbahan bakar cair pertama di dunia. Ada sekelompok di Jerman yang terpesona oleh eksperimen goddard, mereka menamakan kelompoknya Verein für Raumschiffahrt (vir)-terjemahan: Masyarakat untuk luar angkasa. Anggotanya : Willy Ley, Walter Hohmann, Eugen Sanger, dan seorang mahasiswa muda bernama Wernher von Braun. Kelompok itu dibimbing oleh seorang peneliti yang menulis beberapa buku tentang kemungkinan mencapai luar angkasa dengan roket berbahan bakar cair. ia adalah herman oberth. roket terbaik yang dibuat organisasi ini mencapai ketinggian 8000 kaki. akhirnya pada masa perang dunia ke 2 (WWII). Hitler memanggil wernher von braun untuk menjadi kepala bagian peroketan. ia diangkat dengan pangkat mayor.


@ Cara Kerja Roket

Pada awal perkembangannya, roket digerakan dari hasil pembakaran bahan bakar minyak, gas dan oksigen cair. Setelah bahan bakar roket dinyalakan, pancaran gas yang keluar dari roket akan menimbulkan ledakan beruntun kebawah sehingga mendorong roket ke atas dan roket dapat melaju ke udara. Roket terbang dengan kecepatan supersonik, yaitu sekitar 300 m/s. Wah, cepat sekali yah... Prinsip kerja roket merupakan penerapan dari Hukum Newton III tentang gerak, dimana energi panas diubah menjadi energi gerak.

Bahan bakar roket ada dua jenis yaitu bahan bakar cair dan bahan bakar padat. Prinsip kerja dari roket berbahan bakar cair dan padat sama saja, di mana hasil pembakaran menghasilkan gaya dorong ke atas. Tetapi roket yang berbahan bakar padat mempunyai kelebihan yaitu mampu menyimpan bahan bakar dengan jumlah besar untuk ruang penyimpanan yang sama, karena bahan bakarnya telah dipadatkan. Sedangkan bahan bakar cair tidak bisa dimampatkan.

              Oh iya, roket itu terdiri dari banyak komponen loh, diantaranya slongsong roket (yang terbuat dari logam tahan panas dan ringan), bahan bakar (propelan padat), GPS dan tentu saja komponen-komponen elektronika lainnya.
Roket dengan bahan bakar cair dan padat    Roket pembawa pesawat ulang alik Atlantis

                             


Waah…ternyata cara kerja roket cukup sederhana yah dan kalian juga bisa loh membuat roket sederhana di rumah. Contohnya membuat roket air, caranya di alamat ini ni (utakatikmikro.wordpress.com). Selamat mencoba…


Posted by Khairunnisa

Tidak ada komentar: