Sabtu, 02 Juni 2012

Mengelolah dan Mencetak Lembar Kerja pada Microsoft Exel 2007



       
             1. Mengatur Lembar Kolom
  •         Menggunakan Mouse
Arahkan pointer mouse pada batas kolom yang akan di ubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi warna hitam kemudian klik tombol kiri mouse saat yang bersamaan drag mouse sesuai kolom yang diinginkan.

  •        Mengatur sesuai data terpanjang
Arahkan pointer mouse pada batas kanan kolom huruf yang akan di ubah kemudian klik dua kali pada batas kolom.



1          2. Mengatur Tinggi Baris

Arahkan pointer mouse pada batas bawah baris yang akan di ubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi warna hitam, klik tombol kiri mouse dan pada saat yang bersamaan drag mouse hingga tinggi baris sesuai yang di inginkan.


           3. Mengatur Format Huruf

  •   Format melalui perintah di baris menu                                  
1.      Sorot sel atau range yang akan diformat
2.      Klik menu format – cells (Ctrl + 1) – Tab Font
3.      Tambahkan efek yang di inginkan klik OK.


  •      Format melalui Toolbar
Toolbar
Jenis Perintah
Fungsi
Text Font
Memilih bentuk huruf
Font Size
Mengubah ukuran huruf
Bold
Menebalkan huruf
Italic
Memiringkan huruf
Underline
Member garis bawah
Font Color
Memilih warna huruf



 
4.  Meratakan Tampilan Data
  • Dengan perintah di baris menu
1.      Sorot sel atau range yang akan diformat
2.      Klik menu format – cells (Ctrl + 1) – Tab Alignment
3.      Pilih sesuai yang di inginkan pada kotak, klik ok :

 
a.      Vertical
(Top : rata atas, Center : rata tengah, Bottom : rata bawah, Justify  Seluruh data di tampilkan secara penuh).
b.      Horizontal
General
Menampilkan huru rata kiri dan angka rata kanan
Left (indent)
Menampilkan data rata kiri
Center
Menampilkan data rata tengah
Right
Menampilkan data rata kanan
Fill
Mengisi seluruh sel dengan mengulang data
Justify
Menampilkan data pada sel secara penuh
Center Across Selection
Menampilkan data ditenga-tengah kolom

c.       Orientation : mengatur orientasi data dan derajat kemiringan.

  • Dengan perintah Toolbar
Toolbar
Perintah
Fungsi
Align Left
Menampilkan data rata kiri
Midle Align
Menampilkan data rata tengah
Center
Menampilkan data rata kanan
Marge and Center
Menyambung beberapa kolom dan menaruh data tengah dikolom baru

  

5. Menambahkan Garis Pembatas dan Bingkai
a.      Sorot sel atau range yang akan diformat 
b.      Klik menu format – cells (Ctrl + 1) – Tab Border 
c.       Pada Presets pilih dan klik salah satu tombol berikut : 
      1.      None (menghapus garis pembatas dan bingkai) 
      2.      Outline (membuat bingkai disekeliling sel atau range) 
      3.      Inside (membuat garis pembatas di dalam range) 
d.      Pada kotak pilih Style yang diinginkan 
e.      Pada kotak pilih Color yang diingikan 
f.        Klik OK 




   
    6. Menyisipkan Sel, Baris dan Kolom

1.      Sorotlah sel
2.      Pilih dan klik baris menu :
a.      Insert, Rows (menyisipkan baris baru)
b.      Insert, Column (menyisipkan kolom baru)
c.       Insert, Cells (menyisipkan sel baru)




7. Menghapus Sel, Baris dan Kolom

1.      Sorot tempat data yang akan dihapus
2.      Klik menu Edit – Delete
3.      Pilih dan klik salah satu pilihan berikut :
a.      Shift Cells Left (menghapus data yang disorot dan menggantinya  dengan data pada baris sama di sebelah kanannya)
b.      Shift Cells Up (menghapus data yang disorot dan menggantinya  dengan data pada kolom sama disebelah bawahnya)
c.       Entire Row (menghapus seluruh baris pada data yang disorot)
d.      Entire Column (Menghapus seluruh kolom  pada data yang disorot)
4.      Klik OK








      B.  Mencetak Lembar Kerja

Untuk mencetak lembar kerja pada Microsoft Exel 2007, berikut langkah-langkahnya :
1.      Office Button di pojok kiri lembar kerja
2.      Pilih Print, klik Print Preview
3.      Pilih Page Setup
(untuk mengatur lembar kerja)
4.      Pilih Margins
(untuk mengatur  letak tulisan dalam kertas)


5.      Setelah data sesuai dengan yang diinginkan klik Print dan klik OK.



Cara Cepat
  •  Pilih data yang akan di Print , Klik Ctrl + P kemudian klik OK




                                                            Selamat Mencoba ..!! ^_^





Latihan Soal
           1.        Format – Cells (Ctrl +1 ) – Tab Font merupakan perintah untuk…?
a.      Memformat tampilan huruf                     d. Memformat grafik
b.      Meratakan tampilan data                                    e. menyisipkan sel, baris dan kolom
c.       Menambahkan garis pembatas dan bingkai


          2.        Fungsi icon tersebut adalah…?
a.      Memilih bentuk huruf                               d. Menampilkan huruf miring
b.      Mengubah ukuran huruf                           e. Mengatur spasi
c.       Memilih warna huruf
3
          3.    Cara untuk meratakan data dengan perintah baris menu adalah…?
a.       Format – Cells (Ctrl +1 ) – Tab Font
b.      Format – Cells (Ctrl +1 ) – Tab Alignment
c.       Format – Cells (Ctrl +1 ) – Tab Border
d.      Insert  – Cells (Ctrl +1 ) – Tab Border
e.      Edit  – Cells (Ctrl +1 ) – Tab Alignment

           4.    Fungsi dari Fill adalah…?
a.       Menampilkan data rata kanan                                 d. Menampilkan data secara penuh
b.      Menampilkan data rata kiri                                      e. Data ditampilkan di tengah-tengah kolom
c.       Mengisi seluruh sel dengan mengulang data

          5.    Untuk menyambung beberapa kolom dan menaruh data di tengah kolom icon yang harus kita pilih  adalah…?
a.                                       c.                                      e. 
b.                                      d.  

              6.    Format – Cells (Ctrl +1 ) – Tab Border merupakan langkah-langkah untuk…?
a.       Memformat tampilan huruf                                                d. Memformat grafik
b.      Meratakan tampilan data                                                  e. Menyisipkan sel, baris dan kolom
c.       Menambahkan garis pembatas dan bingkai

          7.     Berikut ini sub menu yang ada pada kotak dialog format cells, kecuali…?
a.       Number                                       c. Border                                              e. Clipboard
b.      Font                                               d. Fill

          8.     Icon Outline pada perintah format cellsberfungsi untuk…?
a.       Membuat garis pembatas didalam range
b.      Membuat bingkai disekeliling sel atau range
c.       Menghapus garis pembatas dan bingkai
d.      Menampilkan data di tenngah-tengah kolom
e.      Menampilkan data secara penuh

          9.     Insert Column berfungsi untuk…?
a.       Menyisipkan garis baru                                                 d. Menyisipkan grafik
b.      Menyisipkan column baru                                             e. Menyisipkan gambar
c.       Menyisipkan sel baru

          10.   Perintah untuk menghapus seluruh baris pad sel atau range yang kita sorot ialah…?
a.       Entire row                                   c. Entire cells                                      e. Shift cells left
b.      Entilre column                             d. Shift cells up

          11.   Cara cepat untuk mencetak dokumen pada Microsoft Exel adalah…?
a.       Ctrl + V                                      c. Ctrl + Z                                          e. Ctrl + O
b.      Ctrl + S                                      d. Ctrl + P

          12.     Print Preview berfungsi untuk…?
a.       Mencetak data                                                           d. Menghapus data
b.      Menyimpan data                                                        e.  Untuk berpindah ke sheet selanjutnya
c.       Melihat bentuk data  sebelum di print

          13.      Pertemuan kolom dan baris disebut…?
a.       Range                                          c. Cells                                              e. ScrollLock
b.      Column                                        d. Row

         14.   Untuk Mengganti nama suatu Sheet misalnya Sheet 1 menjadi Khani2, langkah-langkahnya adalah…?
a.       Sheet 1 – Klik Ctrl – Rename                        d. Sheet1 –  klik Back Space – Rename
b.      Sheet1 – Klik kiri pada mouse – Rename       e. Sheet1 – klik  INS – Rename
c.       Sheet1 – Klik kanan  pada mouse – Rename

          15.     Berikut ini yang termasuk menu Office Button, kecuali…?
a.       Publish                                         c. Send                                                 e.Copy
b.      Close                                             d. Prepare




                                                                                                           by Khairunnisa 
               GOOD LUCK..!! ^^

Tidak ada komentar: