Rabu, 06 Juni 2012

Bab 5. Memasukkan dan Menyunting Data


A.      Tipe DataMasukkan
1.       Teks atau Label
Data tipe teks adalah kombinasi antara huruf, angka, spasi, dan tanda baca lain yang tidak dapat digunakan dalam operasi matematika.
Prosedur untuk memasukkan data tipe teks ke suatu sel adalah sebagai berikut:
a.       Klik penunjuk sel (cell pointer) pada posisi yang akan diisi data masukan,
b.      Klik data yang diinginkan,
c.       Tekan Enter, tab atau geser mouse untuk berpindah kesisi lain.
2.       Angka atau Numeric
Prosedur untuk memasukkan data tipe angka sebagai berikut:
a.       Klik mouse pada posisi sel Anda saat akan memasukkan data angka.
b.      Ketik angka, untuk angka negatif diawali dengan tanda – (kurung) atau diapit dengan tanda kurung ( ).
c.       Tekan Enter,deflaut format angka ditempatkan rata kanan (align right).
3.       Tanggal dan Waktu
a.       Klik mouse pada posisi sel untuk menempatkan data tanggal atau waktu
b.      Ketik tanggal dan waktu dalam format yang anda inginkan
c.       Tekan tombol Enter untuk mengakhiri data masukkan.
B.      Entri Data Berurutan
Untuk memasukkan ata berurutan (rangkaian) data, misalnya nomor urut, gunakan cara berikut:
1.       Klik sel A2, kemudian ketik angka 1.
2.       Klik sel A3, kemudian ketik angka 2.
3.       3. Sorot range A2:A3.
4.       Tempatkan mouse pointer dipojok kanan bawah dari rangae tersebut, sehingga membentuk simbol +.
5.       Klik dan jangan lepas, kemudian geser (drag) hingga sel akhir, misalnya sampai sel A6.
6.       Lepaskan tombol mouse.
Selain dengan cara tersebut, membuat nomor urut juga dapat dilakukan dengan cara berikut,
1.       Klik sel A2, kemudian ketik angka 1.
2.       Tempatkan mouse printer dipojok kanan bahwa pada sel A2 tersebut, sehingga membentuk simbol +.
3.       Tekan tombol Ctrl dan jangan dilepas
4.       Klik dan jangan dilepas, kemudian geser (drag) hingga sel akhir, yaitu sampai sel A6.
Formula atau rumus tentu saja dapat digunakan untuk membuat entri data berurutan. Cara yang digunakan adalah sebagai berikut:
1.       Klik sel A2, kemudian ketik angka 1.
2.       Klik sel A3
3.       Ketik = ( Simbol samadengan)
4.       Klik sel A2, kemudian ketik +1, sehingga dilayar terliha formula = A2+1
5.       Tekan tombol Enter atau klik ikon Enter pada Formula Bar.
6.       Tempatkan mouse pointer dipojok kanan bawah pada sel A3 dan akan terlihat simbol plus hitam (+).
7.       Klik dan jangan dilepas, kemudian geser (drag) hingga sel akhir, yaitu sampai sel A6.
8.       Lepaskan tombol mouse.
Apabila Anda akan membuat data tanggal berurutan, gunakan cara berikut,
1.       Klik sel tertentu sesuai keinginan, misalnya A1.
2.       Klik data awal tanggal, misalnya 1/5/10 untuk tanggal 1 Mei 2010.
3.       Tempatkan mouse pointer dipojok kanan bawah pada sel A1, sehingga membentuk simbol (+).
4.       Klik dan jangan dilepas, kemudian geser (drag) hingga sel akhir yaitu sampai sel A10.
C.      Memilih Data
Memilih atau menyorot data adalah salah satu langkah awal sebelum melakukan proses copy, memindahkan data atau format data. Cara yang digunakan untuk menilih data adalah sbegai berikut:
1.       Ketik sel awal, misalnya A1.
2.       Tekan tombol Shift dan jangan dilepas.
3.       Klik sel akhir, misalnya sel E6.
Selain itu, Anda dapat menggunakan cara berikut:
1.       Klik sel awal, misalnya A1.
2.       Klik dan jangan dilepas, kemudian geser (drag) hingga sel akhir yang diinginkan, misalnya sel E6.
3.       Lepaskan tombol mouse tersebut.
D.      Hapus Data atau Format Data
Cara menghapus data adalah sebagai berikut:
1.       Pilih dan sorot data yang mau dihapus, misalnya klik range E2:E6
2.       Tekan tombot Delete/Del pada keyboard.
3.       Datayanga anda pilih atau sorot (range E2:E6) akan terhapus
Selain itu dengan cara tersebut, menghapus data dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.       Pilih dan sorot data yang akan dihapus, misalnya klik range E2:E6.
2.       Pada  tab Home dalam group Editing, kilik tombol Clear.
3.        Klik salah satupenghapusan sesuai keinginan.
Selain cara tersebut, Anda juga dapat memilih pilihan
a.       Clear Format untuk menghapus format pada sel atau range yang dipilih.
b.      Clear Contents atau tekan tombol Del.
c.       Clear Coments untuk menhapus catatan atau comment pada suatu sel.
E.       Memindahkan Data
Caranya:
1.       Pilih atau sorot data yangakan dipindahkan misalnya klik range E2:E6
2.       Pada tab Home dan dalam group Clipboard, klik ikon Cut atau tekan tombol Ctrl+X
3.       Pindahkan penunjuk sel(mouse pointer) pada sel lain sesuai keinginan, misalnya pada sel A8.
4.       Pada tab Home dan alam Group Clipboard klik ikon paste atau tekan Ctrl+V.
Selain dengan perintah tersebut, memindahkan data dapat dilakukan dengan cara:
1.       Sorot atau pilih data yang akan dipindahkan, misalnya range  A8:E13.
2.       Tempatkan penunjuk mouse ditepi (border) sel atau range  yang Anda pilih sebelumnya dan penunjuk mouse akan diperlihatkan dalam bentuk panahempat arah.
3.       Klik jangan dilepas, kemudian geser (drag) pada alamat sel yang diinginkan misalnya A2.
4.       Setelah berada pada sel A2, lepaskan tombol mouse tersebut.
F.       Duplikat data
1.       Duplikat Data ke Tempat lain
Caranya:
a.       Sorot atau pilih data yang diduplikat atau dicopy misalnya range A2:A7
b.      Pada tab Home dalam group Clipboar, klik ikon paste atau tekan tombol Ctrl+C.
c.       Tempatkan penunjuk sel (sel pointer) pada posisi baru sesuai keinginan misalnya klik H2.
d.      Pada tab Home dan dalam group Clipboard, klikm ikon paste atau tekan tombol Ctrl+Vatau tekan tombol Shift+Insert
2.       Menyalin Format dengan Format Painter
Caranya:
a.       Sorot atau pilih data yang formatnya akan dicopy atau duplikat,misalnya range A2:E7.
b.      Pada tab Home dan dalam group Clipboard, klik  Format painter.
c.       Klik sel H2.
G.     Membuat range atau Blok sel
1.       Membuat range menggunakan tombol Shift
a.       Tempatkan penunjuk sel di awal range atau bagian awal sel yang ingin diblok, yaitu B2
b.      Sambil menekan Shift, tekan tombol anak panah sampai sel tujuan, yaitu E7
2.       Membuat Range Menggunakan Mouse
a.       Klik sel di awal range, yaitu B2.  Pointeratau penunjuk mouse harus berada dalam keadaan tanda plus warna putih(tunjuk ke dalam sel).
b.      Sambil tetap menekan klik kiri mouse, gerakkan mouse (drag) ke sel tujuan, yaitu sel E7.
3.       Membuat Kolom atau Baris
Suatu kolom atau baris dapat disorot dengan mengklik huruf kolom atau nomor baris yang Anda inginkan.
4.       Menyorot Sederetan Kolom atau Baris (misalnya B,C,D) atau sederetan baris (misalnya 3, 4, 5) dapat dilakukan dengan mengikuti langkah berikut:
a.       Kilik di huruf kolom atau dinomor baris awal (di contoh ini adalah B atau 3).
b.      Sambil tetap menekan tombol mouse kiri, geserlah (drag), pointer (penunjuk) mouse hingga menyorot seluruh baris itu
 








H.      Duplikasi DataSel (cell) terbentuk dari alamt kolom dan baris, misalnya kolom E dan baris 3, maka kita kenal dengan sebutan sel E3.
1.       Sel Relatif
Alamt sel relatif adalah alamat sel yang apabila dicopy atau diduplikat akan menyesuaikan atau akan berunah.
2.       Sel Absolut
Alamat sel Absolut merupakan kebalikan dari alamat sel relatif, yaitu alamt sel yang tidak akan berubah apabila dicopy atau diduplikat.
I.        Memasukkan Rangkaian Data dengan Fasilitas AutoFill
Caranya:
1.       Pilih atau klik sel tempat posisi awal dari rangkaian data yang ingin Anda buat. Misalnya pilih atau klik sel B2.
2.        Ketik data awal yang Anda inginkan. Misalnya “Jan” ( Januari ).
3.       Pada  sel berikutnya (sel di bawah/B3 atau disampingnya/C2) ketik data berikutnya yang Anda inginkan. Misalnya di B3 ketik”Feb” (Februari)
4.       Sorot/Bloklah B2:B3.
5.       Dalam keadaan masih tersorot, arahkan penunjuk atau pointer mouse ke pojok kanan bawah sel B3 hingga tanda plus putih berubah menjadiplus hitam
6.       Tekanlah tombol kiri mouse dan geser atau drag posisi pointer mouse ke sel yang diinginkan misalnya B1.
J.        Menggunakan Fasilitas AutoCalculate dan AutoSum
1.       AutoCalculate
Fasilitas AutoCalculate digunakan untuk melakukan perhitungan dengan capat dan mudah dari data yang cukup banyak dalam suatu range tertentu
Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
a.       Sorot range data yang akan dikalkulasi atau dihitung. Misal sorot range C7: C12
b.      Klik tombol kanan mouse dibaris status dan pilihan jenis kalkulasi yang Anda inginkan. Misalnya pilih Average (A) untuk menghitung rata-rata.
c.       Hasilnya akan ditampilkan dibaris status
2.       AutoSum
Fungsi AutoCalculate diatas digunakan untuk menghitung cepat data-data yang cukup banyak, tetapi tidak dapat menuliskan secra otomatis dilembar kerja Anda.








Saol-soal Bab 5



1.      Berikut ini tipe data yang dapat dikelolah dalam Microsoft  Exel 2007, kecuali...
a.       Image                     d. Teks
b.      Clip Art                  e. Word Art
c.       Picture
2.      Fungsi AutoCalculate yang digunakan untuk penjumlahan adalah...
a.        Average                d. Sum
b.      Max                       e. If 
c.       Min
3.      Setelah mengetik sel awal untuk memilih data, hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu...
a.       Tekan tombol Shift dan jangan lepas
b.      Tekan tombol Alt dan jangan lepas
c.       Tekan tombol Ctrl dan jangan lepas
d.      Tekan tombol Enter
e.       Tekan tombol Ctrl+X
4.      Icon yang digunakan untuk menghapus format pada sel atau range yang dipilih adalah...
a.       Delete                    d. Clear Contents
b.      Clear All                e. Coments
c.       Clear Format
5.      Untuk mengcopy atau menduplikat format pada data, digunakan ikon...
a.       Cut                         d. Change Case
b.      Paste                      e. Bold
c.       Font Color
6.      Untuk membatalkan perintah undo dapat menggunakan kombinasi tombol...
a.       Cut                         d. Paste
b.      Short Cut               e. Redo
c.       Copy
7.      Fungsi AutoCalculate yang digunakan untuk rata-rata suatu data adalah...
a.       Max                       d. Average
b.      Min                        e Counta
c.       Sum
8.      Tipe data yang diigunakan untuk memasukkan suatu tanggal adalah...
a.       Teks                       d. Gambar
b.      Angka                    e. a, b, c, dan d benar
c.       Tanggal dan Waktu
9.      Fungsi AutoCalculate yang digunakan untuk menjumlahkan suatu data adalah...
a.       Max                       d. Average
b.      Min
c.       Sum
10.  Untuk memasukkan tulisan “perusahaan” pada Microsoft Exel 2007 merupakan tipe data...
a.       Teks atau Label                 d. Gambar
b.      Angka                                e. Autofill
c.       Tanggal atau Waktu
11.  Format cells yang digunakan untuk mengembalikan pemformatan ke bentuk awal adalah...
a.       Number                 d. Accounting
b.      General                  e. Time
c.       Curency
12.  1. Average
2. Clear
3. Count
4. Ctrl+V
5. Max
Yang termaksud perintah dalam fasilitas AutoCalculate yaitu...
a.       1, 2, 3                    d. 1, 2, 3, 4, 5
b.      1saja                      e. 1 dan 3
c.       1, 3, 5
13.  Untuk mencari jumlah gaji tertinggi rumus yang digunakan adalah...
a.       =SUM(...) tekan Enter
b.      =MAX(...) tekan Enter
c.       =MIN(...) tekan Enter
d.      =COUNT(...) tekan Enter
e.       =AVERAGE(...) tekan Enter
14.  Fungsitombol toolbar AutoSum adalah...
a.       Untuk memformat suatu data
b.      Untuk mengetahui jumlah data
c.       Untuk mencari nilai suatu data
d.      Untuk penjumlahan suatu data
e.       Untuk mengkalkulasi suatu data
15.  Untuk menghapus data pada lembar kerja, dapat dipergunakan tombol...
a.       View                      d. Insert
b.      Del                         e. Review
c.       End



POSTED BY HERMA RATI
XI IPA 1

Tidak ada komentar: