Kamis, 07 Juni 2012


BAB 4.                                                                                                               By: Amillia Wardani
MENU DAN IKON DALAM EXCEL 2007
                Microsoft Excel adalah perangkat lunak pengolah angka yang juga memiliki keunggulan dalam pengolaan dokumen, penampilan data, operasional fungsi, operasional chart, penampilan grafik, dll.
Perbedaan Ms.Excel 3003 Dengan Ms.Excel 2007
Ms.Excel 2003
Ms.Excel 2007
Kolom pada worksheet : 256
Kolom pada worksheet : 16.384
65.536 baris
1.084.576 baris
No.warna pada workbook 56
No.warna pada workbook 4,3 billion
Jumlah format condition yang bisa di applied ke dalam cell : 3
Tergantung pada memory PC
Jumlah sorting levels pada range/table : 3
Jumlah sorting levels pada range/tabel : 64
Jumlah item dalam daftar autofilter 1.024
Jumlah item dalam daftar autofilter 32.768
Jumlah huruf yang ditampilkan di dalam cell 1.024
Jumlah huruf yang ditampilkan di dalam cell 32.768
Memiliki kapasitas sel yang lebih rumit
Kapasitas sel lebih besar
Tampilan lebih rumit
Tampilan lebih flexibel
Total number of unique cell styles in a workbook 4.000
Total number of unique cell styles in a workbook 65.356
Batas maximum argument di dalam formula 30
Batas maximum argument di dalam formula 255
Batas maximum panjang huruf untuk formula 1.024
Batas maximum panjang huruf untuk formula 8.192
Jumlah karakter yang bisa ditampilkan pada cell 255
Jumlah karakter yang bisa ditampilkan pada cell 32.768
Jumlah kolom dan fields pada privotable 255
Jumlah kolom dan fields pada privotable 16.384

A.      Memulai Aplikasi Excel
Langkah untuk menjalankan aplikasi Excel 2007 :
1.       Klik tombol Strat pada baris taksbar
2.       Arahkan pada pilihan All Programs→Micosoft Office→Microsoft Office Excel 2007
3.       Di layar akan terlihat lembar kerja (worksheet) Excel.

                Dari lembar kerja diatas, terlihat buku kerja (workbook). Di setiap worksheet terdiri dari beberapa kolom (A-XFD) dan n=beberapa baris (1-1048576). Secara default, penunjuk sel (pointer) berada pada kolom A dan baris 1 dan dikenal dengan sebutan sel A1. Sedangkan kumpulan dari beberapa sel, misalnya sel A1, A2, dan A3, dikenal dengan sebutan range A1:A3.
  1. Komponen-Komponen Excel 2007
1.       Office Button
Menu ini berisi barisan perintah standar untuk menjalankan Excel. Misalnya, membuat dokumen baru (New), membuka dokumen lama (Open), menyimpan (Save), mencetak (Print), atau mempublish dokumen yang sudah selesai dikerjakan (Publish).
2.       Quick Acces Toolbar
Merupakan tombol untuk mempercepat menuju perintah tertentu. Bisa kita tambahkan atau dikurangi.

Langkah untuk menambahkannya :
a.       Klik Customize Quick Acces toolbar, lalu klik Commands.
b.      Pilih pada bagian Customize
c.       Pada Populer Commands, pilih tool yang ingin kita tambahkan.
Misal, klik Print Preview.
d.      Lalu klik Add
e.      Tampilan tool yang kita tambahkan muncul di bagian For All Documents.
      Sebaliknya, langkah untuk menghilangkan tool yang sudah
      terpasang, klik tool yang diinginkan, klik remove, lalu klik OK.

     Tampilan setelah ditambahkan toolnya (Print Preview) terlihat seperti gambar berikut
3.       Document Tittle
Merupakan judul program dan dokumen aktif atau nama file diikuti nama aplikasinya dari lembar kerja yang sedang kita kerjakan. Misal, nama file yang baru kita buka Book diikuti nama aplikasinya Microsoft Excel.
4.       Tab Ribbon
Merupakan deretan toolbar yang berisi beberapa group, dimana masing-masing group terdiri dari berbagai perintah yang sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya.
5.       Group
Berisi beberapa perintah yang sudah dikelompokkan sesuai dengan fungsinya. Perintah-perintah tersebut ditandai dengan gambar (ikon).
Apabila kita ingin mengatur group yang ada, klik panah di ujung bidang group (misal, Group Aligment) sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut.
C.      Memasukkan Data pada Lembar Kerja
Langkah-langkahnya :
1.       Klik sel tempat data, misalnya klik sel A1
2.       Ketik data yang diinginkan, misalnya ketik No
3.       Tekan Enter atau gunakan panah bawah ↓, atau panah atas ↑, atau panah kanan →, atau panah kiri ←
4.       Lakukan hal yang sama dengan langkah tersebut diatas, sehingga tabel terlihat sebagai berikut .
D.      Memindahkan Penunjuk Sel (Pointer)
Untuk memindahkan penunjuk sel (pointer) dapat dilakukan dengan mouse maupun keyboard
1.       Apabila menggunakan mouse, cukup klik alamat sel yang diinginkan
2.       Apabila menggunakan keyboard, maka gunakan salah satu tombol berikut
Tombol
Perintah
→←↑↓
Memindahkan pointer satu sel ke kiri, kanan, atas, dan bawah
Tab
Memindahkan pointer satu sel ke kanan
Shift+Tab
Memindahkan pointer satu sel ke kiri
Enter
Memindahkan pointer satu sel ke bawah (default)
Shift+Enter
Memindahkan pointer satu sel ke atas
Home
Memindahkan pointer pada posisi kolom A pada baris yang aktif
Ctrl+Home
Memindahkan pointer pada alamat sel A1 pada lembar kerja yang masih aktif
PgUp
Memindahkan pointer satu layar ke atas
PgDn
Memindahkan pointer satu layar ke bawah
Alt+PgUp
Memindahkan pointer satu layar ke kiri
Alt+PgDn
Memindahkan pointer stu layar ke kanan
Ctrl+PgUp
Pindah dari satu lembar kerja ke lembar kerja berikutnya
Ctrl+PgDn
Pindah satu lembar kerja ke lembar kerja sebelumya

E.       Memperbaiki Kesalahan Pengetikan Data
Untuk memperbaiki kesalahan pengetikan data yang anda masukkan ke dalam lembar kerja, gunakan cara berikut
1.       Klik sel tempat data yang akan anda perbaiki. Misalnya klik sel B2
2.       Klik ganda (double klik) atau tekan tombol F2 pada keyboard
3.       Lakukan perbaikan data pada alamat atau sel tersebut
4.       Tekan tombol Enter atau klik alamat sel lain
F.       Menyimpan Buku Kerja
Untuk menyimpan hasil pekerjaan Anda dalam Microsoft Office 2007, gunakan cara berikut :
1.       Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol Save atau tekan Ctrl+S. Di samping itu, Anda dapat menggunkan klik tombol Save pada Quick Acces Toolbars
2.       Di layar akan terlihat kotak dialog Save As
3.       Pada bagian Save in :, tentukan drive tempat menyimpan file,
4.       Pilih atau klik folder yang diinginkan, misalnya BANK DATA, kemudian klik Open atau klik ganda (double klik) folder BANK DATA.
5.       Pada bagian File Name, ketik nama file sesuai keinginan, misalnya Latihan 1. Perhatikan gambar berikut.
6.       Klik tombol Save
G.     Menyimpan dengan Nama Lain
Langkah-langkahnya :
1.       Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol Save As atau tekan F12
2.       Di layar akan terlihat kotak dialog Save As
3.       Pada bagian Save in :, tentukan drive tempat menyimpan file, misalnya klik drive F
4.       Pilih atau klik folder yang diinginkan, misalnya BANK DATA, kemudian klik Open atau klik ganda folder BANK DATA
5.       Pada bagian File Name. anda ketik nama file sesuai keinginan, misalnya latihan 2
H.     Menutup Buku Kerja
Untuk menutup buku kerja atau nama file yang telah Anda buat, gunakan cara berikut :
1.       Klik Microsoft Office Button
2.       Klik tombol Close
Atau dengan cara menekan tombol Alt+F4 pada keyboard
I.        Membuka atau Mengaktifkan Buku Kerja
Untuk mengaktifkan atau membuka kembali buku kerja atau nama file yang pernah Anda buat, gunakan cara berikut :
1.       Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol Open atau tekan tombol Ctrl+O
2.       Di layar akan terlihat kotak dialog Open
3.       Tentukan drive tempat nama file yang akan dibuka, misal klik drive F:/
4.       Klik atau pilih folder yang diinginkan, misal klik folder BANK DATA, kemudian klik tombol Open atau klik ganda folder BANK DATA
5.       Klik nama file (nama file) yang akan dibuka misalnya : Latihan 1, kemudian klik tombol Open
Disamping itu, Anda dapat menggunakan klik ganda pada nama file yang akan dibuka
Cara lain membuka buka kerja dapat dilakukan dengan cara :
1.       Klik Microsoft Office Button, maka pada Recent Document akan terlihat beberapa dokumen yang pernah Anda buka, misalnya Latihan 1
2.       Klik nama file yang akan dibuka sesuai keinginan misalnya Latihan 1
J.        Mengakhiri Aplikasi Excel
Langkah-langkahya :
1.       Pastikan buku kerja atau nama file telah tersimpan
2.       Klik salah satu perintah  keluar berikut :
a.       Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol Exit Excel
b.      Klik tombol Close di pojok kanan atas jendela aplikasi Excel 2007
c.       Klik ganda pada Microsoft Office Button yang berada di pojok kiri jendela Excel 2007.
SOAL PENDALAMAN BAB 4
1.       Perangkat lunak pengolah angka yang juga unggul dalam pengolah dokumen, penampil data,
    operasional fungsi, operasional chart, penampil grafik dll merupakan fungsi dari aplikasi …
a.       Microsoft Word                       c. Microsoft Power Point                 e. Microsoft Publisher
b.      Microsoft Excel                        d. Microsoft Office
2.       Keunggulan dari Microsoft Excel 2007 adalah…
a.       Kolom pada worksheet : 256 (A-IV)              c. 1. 084.576 baris                 e. 65.536 baris
b.      Jumlah huruf yang ditampilkan 1.024          d. Tampilan lebih rumit
3.       Gabungan dari kolom dan baris adalah…
a.       Sel                 b. Kolom               c. Baris                d. Workbook                 e. Worksheet
4.       Lembar kerja elektronik yang terdiri dari kolom dan baris untuk memanipulasi data adalah…
a.       Sel                 b. Kolom               c. Baris                d. Workbook                 e. Worksheet
5.       1) Klik tombol Start
2) Pilih Microsoft Office
3) Klik All Programs
4) Pilih Microsoft Office Excel 2007
Urutan yang benar untuk mengaktifkan Microsoft Excel adalah…
a.       1-2-3-4              b. 1-3-2-4               c.1-2-4-3              d 1-4-3-2              e. 4-3-2-1
6.       Menu yang berisi barisan perintah standar untuk menjalankan Excel, misal : New, Open, Save
    dll adalah…
a.       Quick Acces Toolbar                        c. Group                                   e. Office Button
b.      Tab Ribbon                                        d. Document Tittle  
7.       Komponen-komponen Excel 2007, kecuali…
a.       Office Button                                    c. Group                                  e. Document Tittle
b.      Tab Ribbon                                       d. All Program
8.       1) Kolom pada worksheet 16.843
2) 1.084.576 baris
3) Jumlah sorting levels pada range/table 64
4) Kapasitas sel lebih besar
5) Jumlah karakter yang bisa ditampilkan pada cell 32.768
Pernyataan di atas  merupakan sebagian dari keunggulan aplikasi…
a.       Ms.Excel 2007                          c. Ms.Word 2007                     e. Ms. Power Point 2007
b.      Ms.Excel 3003                          d. Ms.Word 2003
9.       Untuk mengakhiri aplikasi Excel, kita dapat mengikuti perintah keluar berikut, kecuali…
a.       Klik Ms.Office Button kemudian klik tombol exit excel
b.      Klik tombol close di pojok kanan atas jendela aplikasi Excel 2007
c.       Klik ganda Ms.Office Button
d.      Klik Ctrl+F4
e.      Klik Ctrl+C
10.      Deretan Toolbar yang berisi beberapa Group, dimana masing-masing group terdiri dari
      berbagai perintah yang sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya merupakan…
a.       Document Tittle                        c. Group                                 e. Quick Acces Toolbar
b.      Tab Ribbo                                   d. Office Button
11.   Kumpulan dari beberapa sel disebut…
a.       Range                b. Sel                c. Kolom            d. Workbook            e. Worksheet
12.   Memindahkan Pointer satu layar ke bawah dapat menggunakan tombol…
a.       Tab                b. Shift+Enter            c. PgUp               d. PgDn               e. Home
13.   Memindahkan pointer satu layar ke kanan dapat menggunakan tombol…
a.       Alt+PgUp        b. Alt+PgDn           c. Ctrl+PgUp        d. Ctrl+PgDn         e. Shift+Enter
14.   Pindah dari satu lembar ke lembar kerja sebelumnya dapat menggunakan tombol…
a.       Alt+PgUp        b. Alt+PgDn           c. Ctrl+PgUp        d. Ctrl+PgDn         e. Ctrl+Home
15.   Tombol Pointer Enter berfungsi untuk…
a.       Memindahkan Pointer satu sel ke kanan       c. Memindahkan Pointer satu sel ke kiri
b.      Memindahkan Pointer satu sel ke atas           d.Memindahkan Pointer satu sel ke bawah
c.       Memindahkan Pointer satu lembar ke lembar kerja selanjutnya

Tidak ada komentar: